Senin, 14 November 2011

Mengenal Hypertext Markup Language (HTML)

blogbudaqdegil.blogspot Mengenal Hypertext Markup Language (HTML)HTML (Hypertext Markup Language) adalah kumpulan simbol markup atau kode yang dimasukkan ke dalam sebuah file yang dimaksudkan untuk menampilkan suatu visual pada halaman Web atau World Web Wide (WWW). Kode HTML memerintahkan browser Web bagaimana menampilkan suatu format pada halaman web, seperti kata-kata (teks),  serta gambar atau grafik. Setiap kode HTML disebut elemen, sebuah dokumen HTML berisi elemen-elemen kode HTML yang disebut Tag.

HTML adalah Rekomendasi resmi dari World Wide Web Consortium (W3C) dan umumnya digunakan oleh mesin browser dunia yang terkenal seperti Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator dan Mozilla Firefox yang juga menyediakan beberapa kode non-standar tambahan. Versi saat ini dari HTML adalah HTML 4.0.

Dalam kondisi tertentu didalam penulisan tag harus ditulis berpasangan, dan untuk beberapa efek khusus harus diberi awalan dan akhiran tag.

Contoh tag : 

<HTML>
.......Kode program.
</HTML>

Sebuah dokumen HTML terdiri dari 2 bagian yaitu head (kepala) dan body (badan). Bagian head ditandai dengan tag <HEAD> sedangkan bagian body ditandai dengan tag <BODY>. Bagian head digunakan untuk menyimpan informasi tentang dokumen tersebut , misalnya judul, nama penulis (author), komentar-komentar ,dan lain-lain. Sedangkan bagian body digunakan untuk memaparkan isi utama dari dokumen (artikel) dari suatu web.
Contoh tag membuat web sederhana :

<HTML>
  <HEAD><H1>Contoh Web Sederhana</H1>
  </HEAD>
     <BODY>
      Mengenal Hypertext Markup Language (HTML)
     </BODY>
</HTML>
 
Tampilan kode html diatas akan terlihat seperti dibawah ini:


Contoh Web Sederhana

Mengenal Hypertext Markup Language (HTML)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar