Minggu, 08 Januari 2012

Membersihkan RAM PC Dengan Notepad

blogbudaqdegil.blogspot Membersihkan RAM PC Dengan Notepad
Fungsi Random Access Memory (RAM) adalah menyediakan ruang bagi komputer anda untuk membaca dan menulis data yang akan diakses oleh CPU (Central Processing Unit ). Istilah memori pada komputer  itu berarti RAM.

Jika anda menambahkan RAM lebih ke komputer anda, secara teknis anda akan mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan CPU anda untuk membaca data dari hard disk. Sehingga hal ini akan membuat komputer anda bekerja jauh lebih cepat ( Tips Mengoptimalkan Kinerja Komputer Anda ).

Sifat RAM menyimpan data adalah sangat sementara (Temporary), data yang tersimpan di dalam RAM hanya tersimpan selama komputer anda berjalan saja, segera setelah anda mematikan komputer, data yang tersimpan dalam RAM akan dikosongkan.

Ketika anda menyalakan komputer kembali, boot firmware komputer anda (disebut BIOS) akan menggunakan instruksi yang disimpan secara semi-permanen di dalam chip ROM untuk membaca sistem operasi dan file terkait dari hard disk, namun pada akhirnya akan ditempatkan kembali ke dalam RAM.

Banyak orang bertanya dan mencari software Freeware untuk membersihkan RAM, berdasarkan pengalaman saya sangat sulit untuk mendapatkannya, yang ada juga berbayar alias beli.

Ada tip sederhana yang ingin saya bagikan  bagaimana cara membersihkan RAM PC dengan Notepad, yaitu menggunakan perintah sederhana yang di buat dalam aplikasi Notepad atau anda dapat memanfaatkan program pengolah kata lainnya.

Naah...! jika sementara sobat belum mendapatkan aplikasi untuk membersihkan RAM PC, cobalah langkah-langkah dibawah ini, mudah-mudahan dapat membantu.

blogbudaqdegil.blogspot Membersihkan RAM PC Dengan Notepad
  1. Buka aplikasi Notepad anda.

  2. Ketikkan FreeMem=Space(10240000000).

  3. Simpan dengan nama file  "CLEANER.VBS" di lokasi manapun yang anda kehendaki.
    Anda bisa mengganti  1024 dengan 512 jika anda menggunakan RAM 512mb, atau ganti saja ke nilai berapapun.
    Kemudian jalankan (eksekusi) file CLEANER.VBS.

  4. Jika semuanya berjalan dengan baik, RAM PC anda akan dikosongkan segera setelah menjalankan perintah diatas.
Selamat mencoba, semoga artikel Membersihkan RAM PC Dengan Notepad ini bermanfaat buat para sobat.

2 komentar:

Ary_Putra mengatakan...

Wiisss keren gan. langsung nyoba ahhh. hehehe

Dadi mengatakan...

efeknya apa gan buat komputer kita setelah menggunakan cara ini ?

Posting Komentar