Selasa, 06 Desember 2011

Beberapa Triks Untuk Pengguna Mozilla Firefox

1. Buka tab baru hasil pencarian
Anda dapat mengontrol dimana anda ingin menempatkan hasil pencarian pada firefox (search bar). Ketik "about: config" pada address bar dan temukan "browser.search.openintab", kemudian klik dua kali untuk merubah default setting dari False ke True. Sekarang ketika anda menggunakan search bar , hasil pencarian anda akan muncul pada tab terpisah bukan pada halaman anda saat ini.

Blog budaq degil - Beberapa Triks Untuk Pengguna Mozilla Firefox2. Cara cepat memilih tab
Seperti pada browser Internet Explorer , Ctrl + Tab akan memindahkan tampilan halaman web yang terbuka secara bergiliran di Firefox. Tetapi jika anda ingin menampilkan tab tertentu tanpa menggunakan mouse, gunakan tombol “Ctrl + Nomor Posisi Tab“, contoh : "Ctrl +1",  akan membuka tab pertama, "Ctrl +2" membuka tab kedua, dan seterusnya.


3. Browsing tanpa mouse
Anda lelah menggunakan mouse?, "Ctrl + L" akan memindahkan anda ke lokasi address bar Firefox, sementara "Ctrl + K" akan memindahkan pointer ke kotak search  (ketika berada di kotak search, tahan tombol "Ctrl" dan gunakan tombol panah atas atau bawah untuk beralih atau memilih mesin pencari).

4. Membuka beberapa situs sekaligus pada saat startup
Jika anda ingin membuka beberapa situs Web sekaligus saat startup di Firefox, aturlah setting dengan Tools -> Options. Pada bagian tab General isilah kotak Home Page dengan alamat url yang anda inginkan muncul pada saat awal membuka browser Firefox,  caranya ketikkan :
www.namablog-1.com | www.namablog-2.com | www.namablog-2.com

5. Mousing
Mouse anda sebenarnya memberikan kontrol yang lebih banyak daripada yang anda kira. Jika mouse anda memiliki tombol Scroll Wheel, meng-klik pada sebuah hyperlink akan membuka tab baru, sementara mengklik pada tab akan menutupnya. Jika anda tahan tombol "Shift" sementara scroll pada mouse digulirkan maju dan mundur, anda dapat  melihat jejak history browsing anda.

6. Manandai Referensi dengan cepat
Pernah menemukan sesuatu dalam sebuah artikel online  yang mana anda ingin langsung mencari informasi lebih lanjut tentangnya? Sorot teks tersebut, sambil menahan tombol "Ctrl" seret teks tadi ke kotak pencarian (Search Bar), tidak perlu menekan Enter lagi, maka Firefox akan mencarikan informasi  secara otomatis untuk anda.

7. Hapus URL yang tidak akurat
Jika anda pernah melihat suatu alamat url yang salah atau tidak akurat muncul lagi di address bar pada saat anda mengetik, hal ini disebabkan oleh kesalahan pengetikan alamat suatu situs yang pernah anda lakukan sebelumnya. Alamat ini akan muncul setiap kali anda mengetik nama alamat yang sama. Maka tekan "Shift + Delete" untuk menghapus history ini agar tidak muncul lagi.

8. Mode Stealth
Jika anda tidak ingin situs anda diketahui dari mana anda berasal ketika menjelajah, ketik "about: config" ke address bar dan kemudian temukan “network.http.sendRefererHeader” . Klik 2X dan ubahlah nilai "2" menjadi "0" untuk mencegah  terlihatnya informasi referrer Anda.

9. Dapatkan ruang pandang lebih
Ingin memaksimalkan tampilan situs web di jendela browser anda? Rubahlah ikon browser anda agar lebih kecil.  Caranya klik View -> Toolbars -> Customize dan centang kotak di samping "Use Small Icons".

10. Cara Cepat Mengetik URL
Cara cepat mengetik alamat sebuah situs tanpa "com" atau "www", tekanlah "Ctrl + Enter", Firefox akan menambahkan sisa alamat URL-nya untuk anda.

11. Berikan Bookmark anda kata kunci
Untuk menetapkan kata kunci (keyword) pada bookmark, cukup klik kanan pada bookmark dan pilih Properties pada situs yang anda ingin berikan kata kunci (keyword). Tulis kata yang anda inginkan dalam kotak keyword, sekarang ketika anda mengetik keyword tadi ke address bar, anda akan secara otomatis masuk ke situs tersebut.

12. Mengekang nafsu makan RAM Firefox
Firefox terkenal karena sangat ringan berjalan pada sistem, dengan kata lain konsumsi memorinya kecil.  Tetapi walau bagaimanapun, dengan setiap update baru, tampaknya Firefox akan memakan memori semakin besar.
Kita dapat sedikit mengendalikan Firefox dengan membatasi jumlah memori yang digunakannya. Ketik "about: config" di address bar dan temukan "browser.cache.disk.capacity"
Biasanya default diatur untuk "50000," tapi anda dapat menurunkan angka tadi jika anda menemukan Firefox sedang bekerja menggunakan memori terlalu banyak pada sistem.

13. Membersihkan Berkas Pencarian Google
Menjelajah internet mencari file multimedia pada Google dapat mengundang banyak spam. Kita dapat meminimalisir agar spam tidak seenaknya masuk ke sistem kita. Caranya  ketik "index.of" (aaa | bbb) cccc-html-htm-php ke dalam Search Bar, di mana "aaa | bbb" adalah jenis file yang ingin  anda cari (seperti "mp3 | avi"), dan "cccc" adalah nama file yang ingin anda temukan.

1 komentar:

onino mansah mengatakan...

tengkyuuu... tp kok tulisannya kurang jelas. Seperti ada beberapa teks yg hilang

Posting Komentar