Selasa, 24 Juli 2012

Membuat Highlight Teks di Blogspot

membuat highlight teks di blogspot blogbudaqdegil.blogspotSedikit variasi memberikan penekanan pada teks yang kita anggap penting dan perlu diperhatikan seperti Highlight merupakan hal kecil yang kadang-kadang kurang diperhatikan para author blog, namun menurut saya ini penting untuk memperjelas pembaca yang menyimaknya. Highlight selain mempercantik tampilan blog juga bermanfaat akan memberikan perhatian tersendiri bagi pembaca bahwa terdapat kata-kata penting yang ingin disampaikan oleh author kepada pembaca agar digarisbawahi.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut :
  1. Seperti biasa backup template blog anda terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan :

    Dashboard >> Template >> Backup/Restore >> Download Full Template >> setelah proses Backup selesai klik Close.

  2. Masih di dalam tampilan tab Template, klik Edit HTML  >> Proceed >> centang [ ] Expand Widget Template . Lalu copy kode dibawah ini dan letakkan sebelum kode ]]></b:skin> :


  3. .alert { background: #f5f5dc ;
    text-align: left;
    padding: 6px 6px 6px 6px;
    border-top: 1px dotted #223344;border-bottom: 1px dotted #223344;border-left: 1px dotted #223344;border-right: 1px dotted #223344;}

    ]]></b:skin>


    Kode berwarna beige (#f5f5dc) merupakan warna background highlight, anda dapat menggantinya dengan kode warna lain sesuai selera dan tentunya disesuaikan dengan background blog. Sedangkan kode warna #223344 adalah warna titik putus-putus (dot) di sekeliling highlight.

  4. Save Template jika sudah selesai.
Cara Penempatan Kode di Posting

Untuk memberikan highlight pada teks tertentu anda harus menempatkan kode script <p   class="alert"> sebelum teks yang akan di-highlight  dan kode </p> di akhir teks.

Contoh :  Ini contoh teksanda yang di highlight.

Mudah bukan ?, selamat mencoba, semoga tip Membuat Highlight Teks di Blogspot ini ada manfaatnya.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

mksh info'y salam knl saja

Posting Komentar