Kamis, 08 Maret 2012

Tip Merawat Accu Sepeda Motor

Tip Merawat Accu Sepeda Motor ; 
blogbudaqdegil.blogspot Tip Merawat Accu Sepeda Motor
Meskipun setiap sepeda motor dilengkapi dengan slah kaki (engkol kaki) untuk menghidupkan mesin,  tetap saja accu (baca : aki) sangatlah penting sebagai sumber tenaga mengaktifkan CDI (Capacitor Discharge Ignition ) yang berfungsi mengatur pengapian (baca juga artikel tentang Programmed Fuel Injection di Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda. Fungsi baterai atau accu pada sepeda motor bukan hanya sekedar untuk menyalakan mesin saja, tetapi lebih daripada itu seiring dengan kemajuan teknologi yang mana sistem pengapiannya telah beralih ke Discharge  Ignition (sistem injeksi).

Sistem kerja Capacitor Discharge Ignition atau CDI  adalah dengan arus DC (Direct Current), dengan kata lain sistem arus searah. Hal ini berlawanan dengan sistem kerja AC (Alternative Current), atau arus bolak-balik yang bersumber dari Listrik PLN. Arus ini kemudian diubah menjadi DC melalui Rectifier dan akibatnya sifat arus listrik benar-benar menjadi murni DC. Di sisi lain, tegangan listrik yang dihasilkan generator, regulator dan rectifier bersifat konstan atau stabil. Jika baterai dilepas atau pada saat kondisinya tidak normal (kurang air atau rusaknya salah satu sel pada accu), maka untuk mengaktifkan CDI pasokan listrik akan otomatis dipasok dari Rectifier. CDI berkomponenkan elektronik, secara teknis tidak akan dapat mengolah arus listrik secara terus menerus. Jika dipaksakan pada akhirnya akan menyebabkan komponen CDI menjadi rusak. Harga unit CDI cukup mahal maka diperlukan perawatan yang telaten dan rutin untuk menjaga kondisi perangkat ini agar umurnya lebih panjang.

Untuk mencegah agar CDI tidak cepat  rusak,  perawatan baterai atau accu harus betul-betul di perhatikan. Secara berkala cairan elektrolit dan kebersihan terminal accu harus sering mendapatkan perawatan dengan cara dibersihkan. Saya sarankan bagi pemotor yang sibuk sehingga kurang waktu untuk melakukan perawatan accu motor mereka, gunakanlah baterai MF (Maintenance Free) atau lebih sering dikenal dengan accu kering yang tidak menggunakan cairan elektrolit. Memang harga accu MF lebih mahal dibandingkan dengan accu konvensional yang mengandung cairan elektrolit, jadi bebas perawatan. Ini sih pilihan, anda yang tidak sempat atau super sibuk dengan pekerjaan atau kegiatan sehari-hari mungkin lebih cocok menggunakan accu MF, sebaliknya bagi anda yang punya waktu luang di dalam aktifitasnya bisa memilih accu konvensional.

blogbudaqdegil.blogspot Tip Merawat Accu Sepeda Motor
Banyak pemilik sepeda motor kurang memperhatikan perawatan accu kendaraan mereka. Apalagi yang namanya wanita, ibu-ibu atau teteh-teteh, biasanya kurang atau malahan tidak mengerti sama sekali tentang perawatan accu motor mereka. Walaupun tidak semua para wanita seperti itu, tetapi hampir sebagian besar. Namun sebenarnya tanpa accu, sepeda motor masih bisa dihidupkan kendati agak repot yaitu dengan memanfaatkan engkol kaki.

Baiklah sekarang saya ingin membagikan tip sederhana bagaimana membersihkan accu sepeda motor anda.

Alat dan Bahan :

- Obeng minus (obeng yang ujungnya gepeng)
- Air panas
- Sabun deterjen
- Air Accu Zuur ( baca : sir ), air untuk accu baru (bukan air Accu tambahan)

Langkah-langkah :
  1. Buka tutup air accu dengan obeng minus, kemudian buang airnya ke tempat yang aman, jangan sampai terkena kulit, sebab dapat melepuhkan kulit anda.

  2. Siapkan air panas lebih kurang 2 liter dan campurkan dengan deterjen 1 sendok makan serta diaduk hingga merata.

  3. Siramkan air panas yang sudah bercampur dengan deterjen ke dalam lubang-lubang air accu yang sudah kosong tadi, diamkan sekitar lima menit. Lalu kocok  sebentar (tutup dulu lubang-lubang air accu), jangan terlalu keras pada saat mengocok, karena bisa merusak elemen-elemen didalamnya ,  kemudian buang beserta endapannya. Agar penyucian ini benar-benar optimal, ulangi langkah ini hingga 3 kali.

  4. Setelah itu, karena didalamnya masih terdapat sisa-sisa air sabun, maka bersihkan dengan air biasa yang bersih, lakukan seperti pada langkah no.3 sampai air deterjen hilang.

  5. Sebelum diisi dengan air accu zuur, bilas dulu 1kali seperti langkah no.3, tetapi sekarang menggunakan air accu zuur.

  6. Akhirnya isikan air accu zuur sesuai garis tanda batas maksimal yang tertera pada accu. Pasangkan kembali pada sepeda motor anda, hati-hati jangan terbalik. Pada mulanya accu anda masih lemah, usahakan menjalankan kendaraan anda setiap hari agar penyetruman (recharging) optimal. Atau anda dapat menggunakan jasa penyetruman diluar, harganya sekira Rp.5.000 sampai Rp.10.000 untuk penyetruman  2 atau 3 jam.
Semoga tip Tip Merawat Accu Sepeda Motor ini bermanfaat, salam blogger.

5 komentar:

meuw sunt mengatakan...

,..siipp gann!!!
thanks!!!

aries husni mengatakan...

Mau nanya nih gan, saya udah ganti aki 2x tp tetep aja motor ga bisa distater, lampu nyalanya kurang maksimal,tp awal pasang baru oke, setelah itu ya.... nah itu kenapa ya? Mohon pencerahannya

beku79 mengatakan...

Aku sudah coba, dan ternyata seperti gak percaya, yg tadinya tuh aku bisa start kalau mesin sudah panas, eh sekarang seperti kejadi waktu beli aki baru, setelah dibersihkan dan diisi air zuur langsung topcer starter tanpa distrum, thanks ya atas triknya, moga berjaya

beku79 mengatakan...

kayaknya keeprok nya dah gak bagus, dan lampu juga strumnya gak dari aki, mungkin dari keeprok

AGUS TONES BLOGER mengatakan...

MAS blogya cakep, gue copy ya..................

Posting Komentar