Selasa, 06 Desember 2011

Tips Mengoptimalkan Kinerja Komputer Anda

Blog budaq degil - Tips Mengoptimalkan Kinerja Komputer Anda
Anda tentu sering merasa frustrasi karena sering berurusan dengan komputer yang lamban dan melempem. Pada saat   komputer anda masih baru tentu kinerjanya cepat dan menyenangkan serta bekerja sangat baik. Dengan bergulirnya waktu perlahan-lahan tanpa kita sadari kinerjanya mulai menurun dan terus menurun sampai suatu ketika anda kesal dibuatnya. Hal yang jadi penyebab dan sering terjadi karena komputer anda “kemasukan” spyware, adware dan ancaman lainnya yang tanpa anda sadari ter-download bersama dengan konten lainnya saat online.

Memang tidak ada yang kebal terhadap ancaman-ancaman ini. Daripada anda berdiam diri saja menerima situasi ini, lebih baik kita berikhtiar mencari pemecahannya. Ada banyak teknik dan strategi yang dapat anda gunakan untuk membuatnya komputer bekerja lebih baik.  Beberapa cara dan tips mengoptimalkan kinerja komputer anda akan saya sharingkan di bawah ini :

Bersihkan Registry Windows  Komputer Anda
Penyebab terbesar dari lambatnya kinerja komputer anda terjadi karena kesalahan dan masalah pada Registriy Windows. Adware, spyware dan ancaman lain biasanya menyusup kedalam Registry, merusak atau menghilangkan file penting di dalamnya. Ketika anda akan membersihkan komputer anda, sebaiknya prioritas utama adalah membersihkan registry Windows (Optimalkan PC atau Laptop Anda Dengan CCleaner 3.12.1572), lakukan hal ini setiap hari. Anda tidak perlu melakukannya secara manual, selain beresiko rusaknya system registry windows anda, kesalahan besar yang serius bisa merusak sistem operasi komputer  anda. Sebaiknya biar software anda yang melakukan hal ini,  anda dapat membuat instruksi secara otomatis menjalankan pembersihan registry windows komputer anda, seperti pada CCleaner 3.12.1572, tinggal setting konfigurasinya.

Hapus File Yang Tidak Dibutuhkan
Setiap kali anda log-on ke Internet atau menggunakan komputer anda, sistem windows akan membuat file-file sementara (temporary files) pada sistem komputer anda. Sebenarnya file-file tadi hanya dibutuhkan satu kali saja (sementara), namun temporary files tidak akan hilang dengan sendirinya. Sebaliknya, mereka akan menumpuk dari waktu ke waktu sampai mereka mengacaukan sistem file komputer anda dan mempengaruhi kinerjanya. Meskipun memungkinkan untuk menghapus file-file ini satu-per-satu, tetapi jauh lebih mudah dan lebih cepat untuk menggunakan alat pembersih komputer yang dirancang untuk tujuan tersebut (Optimalkan PC atau Laptop Anda Dengan CCleaner 3.12.1572). Lakukanlah pembersihan sekitar satu kali seminggu untuk menjaga komputer anda supaya dapat berakselerasi dengan ringan dan cepat.
Blog budaq degil - Tips Mengoptimalkan Kinerja Komputer Anda

Hapus Program Yang Tidak Dibutuhkan (Uninstalling)
Seperti kebanyakan orang, anda mungkin men-download dan mencoba dan meng-install berbagai program yang berbeda setiap bulan, bahkan mungkin setiap hari. Pengalaman saya memang terkadang kita lupa atau malas untuk membuang program-program yang sempat di install pada komputer padahal sudah tidak gunakan lagi, akhirnya lupa deh, sehingga pada akhirnya akan membuat komputer anda berantakan dan semakin berat jalannya. 

Kinerja komputer anda akan menurun secara dramatis. Dalam hal ini anda dapat mengoptimalkan kinerja komputer anda dengan cara memanfaatkan Add/Remove pada Control Panel, fitur dari sistem windows yang sudah ada, atau anda dapat juga menggunakan Ccleaner melakukan tugas uninstalling  (Tools Uninstalling).

Mengosongkan Recycle Bin
Ketika anda meng-klik "Delete" pada file atau program, sebenarnya file-file tersebut belum benar-benar segera terhapus, tetapi file-file tadi diam dulu di semacam api penyucian dalam Recycle Bin komputer anda. Sama halnya dengan penumpukan file-file yang tidak diperlukan lagi pada sistem, jika tidak segera dibuang dari Recycle Bin maka akan menjadi masalah pada kecepatan dan kinerja komputer anda, dan tentulah menjengkelkan.  Oleh sebab itu buanglah file-file yang masih nyangkut di Recycle Bin secara rutin, mungkin satu kali dalam seminggu. Hal-hal kecil tapi sangat penting untuk dilakukan, dan akan membuat perbedaan, percayalah!.

Lakukan Disk Defragmentation Secara Berkala
Setiap file baru yang disimpan didalam hard disk  anda akan menambah beban kinerja dari pada sistem, begitu juga pada saat file atau program dihapus dari komputer, ini akan membuat rongga-rongga dalam media penyimpanan, hal ini akan membuat pembacaan jadi semakin sulit karena file-file berada pada segmen yang tidak tertata dengan rapi alias acak-acakan, hal ini akan memperlambat kerja komputer anda.

Fitur Windows Defragmentation akan mengembalikan dan menyusun kembali tata letak file-file anda didalam hard disk. Memang proses ini memakan waktu cukup lama, tetapi lakukan Disk Defragmentation 4 atau 5 kali dalam satu tahun. Anda dapat membuat setting konfigurasi otomatis untuk men-defrag komputer anda setiap 4 bulan sekali, dengan demikian anda tetap menjaga agar komputer anda bekerja pada kondisi yang prima.

Blog budaq degil - Tips Mengoptimalkan Kinerja Komputer Anda
Pemeliharaan kecil tapi teratur adalah cara terbaik untuk mengoptimalkan kinerja komputer anda. Memang kita selalu ingin melindungi sistem komputer kita agar tidak rusak, tetapi terkadang tanpa kita sadari dengan berhubungan via internet dari dunia luar akan membuat proteksi-proteksi akan ditembus oleh adware, spyware dan lain sebagainya.  Bahkan pengguna internet paling hati-hati di duniapun bisa saja dengan tidak sengaja men-download software  berbahaya dari waktu ke waktu.

Dengan menggunakan System Tune-up Tools yang mudah didapatkan dewasa ini, bersihkan  Registry Windows sistem komputer anda secara teratur, lakukan pembersihan dan pemeliharaan rutin untuk mengoptimalkan PC anda. Jika anda ingin selalu puas dan ingin enjoy didalam ber-komputer , anda harus mampu menjaga PC anda selalu dalam kondisi seperti baru untuk jangka yang panjang. Pada akhirnya, anda akan dapat menikmati sebuah komputer yang benar-benar bekerja dengan semestinya tanpa membuang waktu anda yang berharga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar