Senin, 08 April 2013

Menonaktifkan Autorun CD dan DVD Pada Windows XP

Semua orang sudah tau bahwa dengan Autorun anda tidak harus memulai secara manual program games pada komputer anda setelah muncul CD tray karena program akan dijalankan secara otomatis. Hal ini akan membantu percepatan pembacaan CD dan DVD.

Namun disisi lain, tidak sedikit juga orang menggunakan CD/DVD bukan sekedar untuk tujuan bermain games saja, menunggu loading CD tray yang kemudian setelah muncul di-klik lagi hanya untuk menutupnya kembali, tentunya hal ini jika seringkali akan menjengkelkan. Namun jangan khawatir dengan sedikit triks anda dapat memerintahkan teknologi komputer anda untuk menonaktifkan Autorun pada Windows XP dalam upaya  memecahkan kerumitan ini.

Ikuti langkah-langkah Menonaktifkan Autorun CD dan DVD Pada Windows XP dibawah ini :
  1. Klik kanan ikon CD atau DVD drive pada Windows Explorer, lalu Pilih "Properties."


  2. Klik tab "AutoPlay" dan pilih "Select an action to perform". Lalu pilih "Take No Action". Hal ini memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan AutoPlay pada drive CD/DVD yang ditunjuk. Sedangkan untuk menonaktifkan AutoPlay pada semua disk, gunakan baris perintah sebagai     berikut.

  3. Buka menu Start dan klik pada "Run" yang kemudian akan membuka sub jendela. Pada kolom Open ketik "regedit.exe" yang akan membuka jendela Registry Editor.


  4. Cari folder di jendela kiri berjudul "HKEY_LOCAL_MACHINE." Klik folder ini untuk membukanya dan ulangi membuka subfolder berikut: SYSTEM, CurrentControlSet, Services dan akhirnya subfolder CDROM. Pastikan folder terbuka adalah folder CDROM.


  5. Pada subfolder Services lihat pada jendela kanan dan temukan "Autorun". Klik dua kali ikon ini, yang akan membuka jendela kecil yang memungkinkan anda untuk "Mengedit DWORD Value." Pada bidang nilai data ubahlah nilai 1 ke 0 dan klik "OK."

  6. Tutup "Registry Edit" dan jendela terbuka lainnya. Restart komputer anda untuk memungkinkan sistem menyelesaikan perubahan yang sudah anda buat. Jika anda menggunakan fungsi Windows Explorer untuk mambaca drive, tekan tombol F5 untuk me-refresh drive maka  Windows XP tidak akan lagi mencari dan menampilkan drive secara AutoPlay untuk memeriksa disk.
Sekian sobat semoga bermanfaat yaa, salam ... 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar